berpikir logis

Berpikir logis adalah cara hebat menyelamatkan hidup anda.

Lagi-lagi ketidaklogisan cara berpikir menjadi korban penipuan.
Maunya sih kaya tapi gara-gara mekanisasi menjadi kaya yang tidak ketemu nalar akibatnya kaya tidak, bongkro iya. Kasihan.
Baru-baru ini kejadian tuh hal yang begituan.

Kok masih saja ada di zaman yang serba rasional dan empiris ini yang kena tipu. Mau dikibulin sama orang bahwa  ada emas sebesar teko sisa dana revolusi yang ditunggui mahluk astral. Kan ini tidak masuk akal atau tidak logis. Kalau model begitu logis ngapain juga PT freeport mengali bumi cendrawasih buat menambang emas yang perlu  resources gede, bahkan saking gedenya perlu penambahan dana dari pemerintah RI dengan embel-embel kepemilikan saham. Mending mempekerjakan para ahli begituan, hemat dan efisien.

Nah ada lagi nih. Berjamaah tapi  kena tipu dukun penganda uang. Kalau memang si dukun bisa berbuat begitu orang lain tidak bakalan dikasih tau, mending buat sendiri saja. Begitu cara berpikirnya.

"Cinta tak kenal logika" kata pujangga yang di mabuk cinta. Memang benar sih. Cinta harta menghalalkan cara. Cara yang logis sih dengan bekerja keras lalu menabung kalau yang ini sangat di anjurkan dan bukan masalah. Bisa berkah kayanya.

Tentu ada banyak kasus akibat ketidak konsistennya dalam berpikir secara benar bukannya untung malah buntung. Misalnya you mau beli barang bukan subtansi barang yang diperhatikan malah sales promotion girlnya yang you lihat. Sampai kerumah bakalan menyesal you.

Berpikir logis adalah mengunakan intrumen akal yaitu otak untuk menimbang benar atau salah, baik atau buruk, lazim atau bukan. Simplenya sih berpikir dengan nalar jernih.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagajmana kita tidak bisa logis dalam menghadapi berbagai problem kehidupan?
Ya Otak kita mudah di manipulasi dan manipulasi otak ini yang bikin kepencut lekas memutuskan sesuatu. Contoh you mau beli gadget/gawai. Apple lah, padahal biaya prosuksinya sih ndak mahal-mahal amat, lalu dijual mahal. Kok you bisa beli? Yah karena otak kita dimanipulasi berbagai macam suggesti berupa iklan. Kan kalau berpikir subtansi gawai sebagai alat komunikasi dengan segala kemudahan dan kenyamanan hiburan ada kok ya lebih murah dengan spek yang sama.

Berpikir logis bukan monopoli orang baik, orang jahat pun kalau mau sukses perbuatannya ya kudu berpikir logis. Mau memcuri kok  pas ada banyak yang melihat. Tidak logis.  Itu namanya Ular mencari tongkat pemukul. Tapi jangan berbuat jahat ya! Kasihan korbannya.

Kita ini dibekali sama sang pencipta buat berpikir logis sejak lahir. Kan you waktu kecil belum belajar ilmu di bangku sekolahan tapi kan you kalau lapar pasti makan, kalau haus ambil mimum.? He..he...he... benarkan

Eh lupa. Penyebab kita berpikir-tidak-logis di samping manipulasi otak juga perasaan berlebih. Contohnya dalam kasus pengemis. Dia (pengemis) bekerja dengan mengaduk-aduk perasaan. Bagaimana berpakaian compang-camping, mengendong anak kecil, pokoknya berpakaian layak orang yang benar-benar membutuhkan. Nyatanya pengemis adalah sebuah profesi bahkan ada koordinator lapangan segala, kadang hasilnya yang sempat terekpsos gede banget. Yah aku sih tidak menyarankan bro n sis membunuh perasaan tanpa sisa. Karena perasaan juga perlu sebagai cek n balance daripada kemurkaan nafsu. Yang jadi masalah kalau berlebihan dan ini dimanfaatkan pihak lain untuk mengambil untung.

Eh sebelum kalamul akhir nih.
Ada pertanyaan sebuat bro n sis, begini. Siapa manusia pertama kali yang berpikir logis?

"Aristoteles"

Salah, yang benar adalah nabi Adam sebagai manusia pertama didunia. Aris teles ups maksudku Aristoteles hanya menulis buku tentang rumus-rumus logika  saja.

Comments

  1. Wah banyak sekali poin penting didalamnya, nice artikel senang membacanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan sudah mampir. Moga bermanfaat dan sebagai pengingat

      Delete
  2. Jika dukun bisa menggandakan uang kenapa gak di bayarkan ke utang negara saja ya hehe...

    ReplyDelete
  3. Jika dukun bisa menggandakan uang kenapa gak di bayarkan ke utang negara saja ya hehe...

    ReplyDelete
  4. Akhirnya... Muncul juga kolom komennya pak...dari kemarin mau komen ni... Sangat sepakat dengan akhir tulisannya, orang pertama berpikiran logis manusia pertama, kakek buyut kita Nabi Adam Alahis Salam... Tetap semangat pak💪💪💪

    ReplyDelete
  5. Marah juga bikin kita dan bisa berpikir logis

    ReplyDelete
  6. Iya gan. Kadang aku memang kurang logis dalam bertindak akhirnya menyesal

    ReplyDelete
  7. Memamg harus Logis kita berpikirnya, biar arah tujuannya jelas 😁 good artikel bro

    ReplyDelete
  8. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Judi nomer

Bagaimana cara memulai sebuah bisnis?

Tips-tips ampuh menghindari keganasan group WA.